Kamis, September 16

Tafsir Matsnawi Maknawi

Karim Zamani menulis kitab ini sangat serius. Ia menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk mengkaji dan menyusunnya. Kitab Tafsir Matsnawi Maknawi ini memuat 26.000 penjelasan puisi Rumi yang ditulis dalam 8000 halaman dan disusun menjadi 7 jilid. Setiap jilid kitab, berisi kurang lebih seribu halaman. Sungguh kerja keras yang luar biasa. Seperti kata pepatah “Hasil tak akan mengkhianati usaha”, kitab inipun mendapat sambutan luar biasa dari pembaca, sampai sekarang sudah memasuki cetakan ke-42.

Ada banyak kelebihan tafsir Matsnawi Karim Zamani, di antaranya:

Pertama, kitab Tafsir Matsnawi ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh berbagai kal;angan.

Kedua, diperkaya dengan kutipan ayat Quran, dan hadits, maupun pendapat para penafsir sebelumnya. Sehingga pengguna tafsir ini tidak perlu merujuk pada banyak kitab lainnya.

Ketiga, Karim Zamani dalam jilid ke-7 kitab ini memuat berbagai indeks dan lampiran penting, seperti: indeks ayat Quran, hadits, pribahasa, syair dalam bahasa Persia maupun Arab, juga menyertakan indeks tokoh, tempat, dan aliran teologi.

Keempat, cara penyajian buku ini juga memudahkan para pembaca. Di awal bab, Karim Zamani memberikan ringkasan cerita yang akan disampaikan Rumi dalam bait-bait panjang, sehingga pembaca terkondisikan ketika menyimak kisahnya secara utuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *